Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Contoh RPP Sistem Perncernaan SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.    IDENTITAS SEKOLAH
SATUAN PENDIDIKAN                                   :  SMA
KELAS / SEMESTER                             :  XI / II
PROGRAM/ PROG. KEAHLIAN         :  -
MATA PELAJARAN / TEMA                :  BIOLOGI
ALOKASI WAKTU                                :  4 X 45 MENIT ( 2 X PERTEMUAN )

B.     STANDAR KOMPETENSI
3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

C.     KOMPETENSI DASAR
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan / penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan.

D. INDIKATOR
-          Menganalisis variasi dan komposisi makanan serta menyusun menu seimbang
-          Memahami jenis dan kandungan makanan bergizi
-          Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses dalam sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan ruminansia
-          Mengaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan ruminansia
-          Mengidentifikasi gangguan / kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan
-          Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan sistem pencernaan makanan


E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
-          Siswa dapat menganalisis variasi dan komposisi makanan serta menyusun menu seimbang
-          Siswa dapat memahami jenis dan kandungan makanan bergizi
-          Siswa dapat mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses dalam sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan ruminansia
-          Siswa dapat mengaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan ruminansia
-          Siswa dapat mengidentifikasi gangguan / kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan
-          Siswa dapat memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan sistem pencernaan makanan


F.      MATERI PEMBELAJARAN

G.    ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit (2 x pertemuan)

H.    METODE PEMBELAJARAN
1.      Model Pembelajaran   :  Kooperatif tipe STAD dan NHT
2.      Metode Pembelajaran : 
a.      Ceramah
b.     Diskusi
c.      Penugasan
d.     Presentasi
e.      Tanya jawab

I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa ( Apakah contoh makanan bergizi dan apa saja kandungan di dalamnya?)
·         Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·         Guru membacakan topik pembelajarannya

2.      Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø  Eksplorasi (15 menit)
·      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
Ø  Elaborasi (45 menit)
·      Guru membagi siswa menjadi beberapa devisi
·      Guru menugaskan masing-masing devisi untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru sesuai dengan indikator.
ü Devisi 1   :  Menjelaskan mengenai menu seimbang, tujuh kelompok bahan pokok makanan, nilai gizi & makanan bermutu dan usaha perbaikan gizi
ü Devisi 2   : Menjelaskan mengenai status gizi, kebutuhan energi & jumlah makanan, BMR & RME dan variasi dan komposisi makanan
ü Devisi 3   :  Membedakan antara karbohidrat, protein dan lemak
ü Devisi 4   : Membedakan antara vitamin, air dan zat aditif
·      Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
Ø  Konfirmasi (10 menit)
·      Guru menugaskan perwakilan devisi untuk mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
·      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
·      Guru memberikan reward kepada devisi yang presentasinya terbaik.
3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·         Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.
·         Guru memberikan evaluasi.

Pertemuan 2
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa ( Apa saja bagian-bagian dari saluran penceranan manusia?)
·         Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·         Guru membacakan topik pembelajarannya

2.      Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø  Eksplorasi (15 menit)
·      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
Ø  Elaborasi (45 menit)
·      Guru memberi penomoran pada tiap siswa lalu mengelompokkan siswa kedalam beberapa divisi
·      Guru menugaskan masing-masing devisi untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru sesuai dengan indikator.
ü Devisi 1   :  Menjelaskan saluran pencernaan pada manusia
ü Devisi 2   : Menjelaskan mengenai kelenjar pencernaan
ü Devisi 3   :  Memberikan contoh gangguan dan kelainan pada saluran pencernaan
ü Devisi 4   : Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada hewan mamalia (ruminansia)
·      Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
Ø  Konfirmasi (10 menit)
·      Guru menugaskan perwakilan devisi untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan menunjuk salah satu nomor tiap divisi.
·      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
·      Guru memberikan reward kepada devisi yang presentasinya terbaik.
3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·         Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.
·         Guru memberikan evaluasi.

J.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.       Jenis evaluasi : tertulis
2.       Alat penilaian : soal dan kunci jawaban

a.       Proses
·         Lembar observasi
Hari/ Tanggal         :
Kelas/Semester      : XI / 2


Aspek yang dinilai
NILAI
NO
NAMA SISWA
Kognitif
Afektif
Psikomotor
fo X100
fe


KB
KM
KMn
KK
D
S
A



1.
A











2.
B











3.
C











4.
D











5.
E











6.
F











KETERANGAN :
KB      : kemampuan bertanya
KM      : kemampuan menjawab
KMn    : kemampuan menerima
KK      : kemampuan kerja sama
D         : disiplin
A         : aktif
S          : serius

·      Nilai
Nilai (N) =   ƒo         x 100
    Ƒe
                   Keterangan :
ƒe             :  frekuensi ekspenteasi / frekuensi harapan
ƒo             :  frekuensi observasi


b.   Produk
Soal Ulangan
1.      Kelenjar pencernaan apa saja yang mengeluarkan sekretnya ke rongga mulut? Tuliskan fungsinya!
2.      Pada usus halus manusia terjadi pencernaan apa saja? Enzim apakah yang berperan?
3.      Bagaimana cara usus halus mengabsorpsi asam lemak dan gliserol?
4.      Jelaskan struktur lambung hewan pememah biak, dan uraikan bagaimana cara penceranan selulosa!
5.      Mengapa pengukuran BMR seseorang tidak dapat dilakukan beberapa menit sesudah makan?

Jawaban :
1.      Kelenjar penceranaan yang berada pada rongga mulut yaitu kelenjar ludah di dekat telinga, disebut galndula parotis, mengahasilkan ludah berbentuk air dan mengndung enzim amylase. Di rahang bawah terdapat glandula submaksilaris dan glandula sublingualis, keduanya menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir.
2.      Pada usus halus pencernaan manusia terjadi penyerapan sari makanan yang dibantu oleh beberapa enzim. Dinding usus halus banyak mengandung kelenjar mukosa halus yang menghasilkan 3 liter getah per hari. Getah ini mengandung enzim sakarase (mencerna sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa), maltase (menceran maltose menjadi glukosa), laktase (mencerna laktosa menjadi glukosa) dan erepsinogen (diaktifkan oleh enterokinase menjadi erepsin).
3.      Hasil-hasil pencernaan (asam lemak dan gliserol) diabsorpsi oleh vili (jonjot) usus halus. Pada dindign usus halus terdapat vili dan mikrovili yang berfungsi memperluas permukaan usus halus.
4.      Khusus hewan pemamah biak (ruminansia), lambungnya terbagi menjadi empat ruang yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Di rumen terdapat simbiosis antara hewan pemamah biak dengan bakteri dan flagelata yang dapat menghasilkan enzim selulase. Bakteri yang mampu menghancurkan selulosa contohnya adalah Cytophaga, sedangkan flagelata yang biasa terdapat dalam tubuh hewan ruminansia adalah Cypromonas subtilis. Di dalam rumen terjadi pencernaan protein dan polisakarida, serta fermentasi selulosa dan enzim selulase.
5.      BMR harus diukur 12 jam sesudah makan, karena dalam beberapa menit sesudah makan, BMR dapat naik sampai ±30% diatas nilai istirahat.

RUBRIK PENILAIAN
1.      Kelenjar pencernaan apa saja yang mengeluarkan sekretnya ke rongga mulut? Tuliskan fungsinya!
NO
Deskription
skor
1

 Jika lembar jawaban kosong
0
2
 Jika lembar jawaban salah dengan bahasa yang baik
5
3
 Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa  baik dan
10

 benar / tidak

4
 Jika  jawaban benar / lengkap dengan bahasa kurang baik
15
5
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
 20




Jawaban :


Kelenjar penceranaan yang berada pada rongga mulut yaitu kelenjar ludah di dekat telinga, disebut galndula parotis, mengahasilkan ludah berbentuk air dan mengndung enzim amylase. Di rahang bawah terdapat glandula submaksilaris dan glandula sublingualis, keduanya menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir.






2.      Pada usus halus manusia terjadi pencernaan apa saja? Enzim apakah yang berperan?
NO
Deskription
skor
1

 Jika lembar jawaban kosong
0
2
 Jika lembar jawaban salah dengan bahasa yang baik
5
3
 Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa  baik dan
10

 benar / tidak

4
 Jika  jawaban benar / lengkap dengan bahasa kurang baik
15
5
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
 20

Jawaban :
Pada usus halus pencernaan manusia terjadi penyerapan sari makanan yang dibantu oleh beberapa enzim. Dinding usus halus banyak mengandung kelenjar mukosa halus yang menghasilkan 3 liter getah per hari. Getah ini mengandung enzim sakarase (mencerna sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa), maltase (menceran maltose menjadi glukosa), laktase (mencerna laktosa menjadi glukosa) dan erepsinogen (diaktifkan oleh enterokinase menjadi erepsin)






3.      Bagaimana cara usus halus mengabsorpsi asam lemak dan gliserol?
NO
Deskription
skor
1

 Jika lembar jawaban kosong
0
2
 Jika lembar jawaban salah dengan bahasa yang baik
5
3
 Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa  baik dan
10

 benar / tidak

4
 Jika  jawaban benar / lengkap dengan bahasa kurang baik
15
5
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
 20




Jawaban :


Hasil-hasil pencernaan (asam lemak dan gliserol) diabsorpsi oleh vili (jonjot) usus halus. Pada dindign usus halus terdapat vili dan mikrovili yang berfungsi memperluas permukaan usus halus.



4.      Jelaskan struktur lambung hewan pememah biak, dan uraikan bagaimana cara penceranan selulosa!
NO
Deskription
skor
1

 Jika lembar jawaban kosong
0
2
 Jika lembar jawaban salah dengan bahasa yang baik
5
3
 Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa  baik dan
10

 benar / tidak

4
 Jika  jawaban benar / lengkap dengan bahasa kurang baik
15
5
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
 20


Jawaban :
Khusus hewan pemamah biak (ruminansia), lambungnya terbagi menjadi empat ruang yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Di rumen terdapat simbiosis antara hewan pemamah biak dengan bakteri dan flagelata yang dapat menghasilkan enzim selulase. Bakteri yang mampu menghancurkan selulosa contohnya adalah Cytophaga, sedangkan flagelata yang biasa terdapat dalam tubuh hewan ruminansia adalah Cypromonas subtilis. Di dalam rumen terjadi pencernaan protein dan polisakarida, serta fermentasi selulosa dan enzim selulase.






5.      Mengapa pengukuran BMR seseorang tidak dapat dilakukan beberapa menit sesudah makan?
NO
Deskription
skor
1

 Jika lembar jawaban kosong
0
2
 Jika lembar jawaban salah dengan bahasa yang baik
5
3
 Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa  baik dan
10

 benar / tidak

4
 Jika  jawaban benar / lengkap dengan bahasa kurang baik
15
5
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
 20




Jawaban :


BMR harus diukur 12 jam sesudah makan, karena dalam beberapa menit sesudah makan, BMR dapat naik sampai ±30% diatas nilai istirahat.


                                   
K.    SUMBER PEMBELAJARAN
-          BIOLOGI untuk SMA kelas XI, Erlangga, hal. 110-141
-          Buku BSE


Samarinda, …………………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran




                                                                                                  
                                                                                                       

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih

Posting Komentar