RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
IDENTITAS SEKOLAH
SATUAN
PENDIDIKAN : SMA
KELAS
/ SEMESTER :
XI / II
PROGRAM/
PROG. KEAHLIAN : -
MATA
PELAJARAN / TEMA :
BIOLOGI
ALOKASI
WAKTU :
4 X 45 MENIT ( 2 X PERTEMUAN )
B.
STANDAR KOMPETENSI
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia
dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya
pada Salingtemas
C.
KOMPETENSI DASAR
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan / penyakit yang dapat terjadi pada sistem
pencernaan makanan pada manusia dan hewan.
D. INDIKATOR
-
Menganalisis variasi dan komposisi
makanan serta menyusun menu seimbang
-
Memahami jenis dan kandungan makanan
bergizi
-
Mengidentifikasi struktur, fungsi dan
proses dalam sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan ruminansia
-
Mengaitkan struktur, fungsi, dan proses
sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan ruminansia
-
Mengidentifikasi gangguan / kelainan
yang terjadi pada sistem pencernaan makanan
-
Memberi contoh teknologi yang
berhubungan dengan sistem pencernaan makanan
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa dapat menganalisis variasi dan
komposisi makanan serta menyusun menu seimbang
-
Siswa dapat memahami jenis dan kandungan
makanan bergizi
-
Siswa dapat mengidentifikasi struktur,
fungsi dan proses dalam sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan
ruminansia
-
Siswa dapat mengaitkan struktur, fungsi,
dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan ruminansia
-
Siswa dapat mengidentifikasi gangguan /
kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan
-
Siswa dapat memberi contoh teknologi
yang berhubungan dengan sistem pencernaan makanan
F.
MATERI PEMBELAJARAN
G.
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit (2 x pertemuan)
H.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran :
Kooperatif tipe STAD dan NHT
2.
Metode Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Diskusi
c.
Penugasan
d.
Presentasi
e.
Tanya jawab
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa ( Apakah contoh makanan bergizi dan apa saja kandungan di dalamnya?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø Eksplorasi (15 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan
indikator.
Ø Elaborasi (45 menit)
· Guru
membagi siswa menjadi beberapa devisi
· Guru
menugaskan masing-masing devisi untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh
guru sesuai dengan indikator.
ü Devisi
1 : Menjelaskan
mengenai menu seimbang, tujuh kelompok bahan pokok makanan, nilai gizi &
makanan bermutu dan usaha perbaikan gizi
ü Devisi
2 : Menjelaskan
mengenai status gizi, kebutuhan energi & jumlah makanan, BMR & RME dan
variasi dan komposisi makanan
ü Devisi
3 : Membedakan
antara karbohidrat, protein dan lemak
ü Devisi
4 : Membedakan
antara vitamin, air dan zat aditif
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan perwakilan devisi untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
klasikal.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
· Guru
memberikan reward kepada devisi yang presentasinya terbaik.
3.
Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
·
Guru memberikan evaluasi.
Pertemuan
2
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi
siswa ( Apa saja bagian-bagian dari saluran penceranan manusia?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di
papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø Eksplorasi (15 menit)
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan
indikator.
Ø Elaborasi (45 menit)
· Guru
memberi penomoran pada tiap siswa lalu mengelompokkan siswa kedalam beberapa
divisi
· Guru
menugaskan masing-masing devisi untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh
guru sesuai dengan indikator.
ü Devisi
1 : Menjelaskan
saluran pencernaan pada manusia
ü Devisi
2 : Menjelaskan
mengenai kelenjar pencernaan
ü Devisi
3 : Memberikan
contoh gangguan dan kelainan pada saluran pencernaan
ü Devisi
4 : Menjelaskan
sistem pencernaan makanan pada hewan mamalia (ruminansia)
· Guru
sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek
lembar observasi.
Ø Konfirmasi (10 menit)
· Guru
menugaskan perwakilan devisi untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan
menunjuk salah satu nomor tiap divisi.
· Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
· Guru
memberikan reward kepada devisi yang presentasinya terbaik.
3.
Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua
materi mengacu pada indikator atau tujuan.
·
Guru memberikan evaluasi.
J.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Jenis evaluasi : tertulis
2.
Alat penilaian : soal dan kunci jawaban
a.
Proses
·
Lembar observasi
Hari/
Tanggal :
Kelas/Semester
: XI / 2
Aspek
yang dinilai
|
NILAI
|
|||||||||||
NO
|
NAMA SISWA
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
fo X100
fe
|
|||||||
KB
|
KM
|
KMn
|
KK
|
D
|
S
|
A
|
||||||
1.
|
A
|
|||||||||||
2.
|
B
|
|||||||||||
3.
|
C
|
|||||||||||
4.
|
D
|
|||||||||||
5.
|
E
|
|||||||||||
6.
|
F
|
KETERANGAN
:
KB : kemampuan bertanya
KM : kemampuan menjawab
KMn
: kemampuan menerima
KK
: kemampuan kerja sama
D : disiplin
A : aktif
S
: serius
· Nilai
Nilai (N) = ƒo x 100
Ƒe
Keterangan
:
ƒe : frekuensi ekspenteasi / frekuensi harapan
ƒo : frekuensi observasi
b. Produk
Soal
Ulangan
1.
Kelenjar pencernaan apa saja yang
mengeluarkan sekretnya ke rongga mulut? Tuliskan fungsinya!
2.
Pada usus halus manusia terjadi pencernaan
apa saja? Enzim apakah yang berperan?
3.
Bagaimana cara usus halus mengabsorpsi
asam lemak dan gliserol?
4.
Jelaskan struktur lambung hewan pememah
biak, dan uraikan bagaimana cara penceranan selulosa!
5.
Mengapa pengukuran BMR seseorang tidak
dapat dilakukan beberapa menit sesudah makan?
Jawaban
:
1. Kelenjar
penceranaan yang berada pada rongga mulut yaitu kelenjar ludah di dekat
telinga, disebut galndula parotis, mengahasilkan ludah berbentuk air dan
mengndung enzim amylase. Di rahang bawah terdapat glandula submaksilaris dan
glandula sublingualis, keduanya menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir.
2. Pada
usus halus pencernaan manusia terjadi penyerapan sari makanan yang dibantu oleh
beberapa enzim. Dinding usus halus banyak mengandung kelenjar mukosa halus yang
menghasilkan 3 liter getah per hari. Getah ini mengandung enzim sakarase (mencerna sukrosa menjadi
glukosa dan fruktosa), maltase
(menceran maltose menjadi glukosa), laktase
(mencerna laktosa menjadi glukosa) dan erepsinogen
(diaktifkan oleh enterokinase menjadi erepsin).
3. Hasil-hasil
pencernaan (asam lemak dan gliserol) diabsorpsi oleh vili (jonjot) usus halus.
Pada dindign usus halus terdapat vili dan mikrovili yang berfungsi memperluas
permukaan usus halus.
4. Khusus hewan pemamah biak (ruminansia), lambungnya
terbagi menjadi empat ruang yaitu rumen,
retikulum, omasum dan abomasum.
Di rumen terdapat simbiosis antara hewan pemamah biak dengan bakteri dan
flagelata yang dapat menghasilkan enzim
selulase. Bakteri yang mampu menghancurkan selulosa contohnya adalah Cytophaga,
sedangkan flagelata yang biasa terdapat dalam tubuh hewan ruminansia adalah
Cypromonas subtilis. Di dalam rumen terjadi pencernaan protein dan
polisakarida, serta fermentasi selulosa dan enzim selulase.
5. BMR harus diukur 12 jam sesudah makan, karena dalam
beberapa menit sesudah makan, BMR dapat naik sampai ±30% diatas nilai
istirahat.
RUBRIK
PENILAIAN
1.
Kelenjar pencernaan apa saja yang
mengeluarkan sekretnya ke rongga mulut? Tuliskan fungsinya!
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
benar / tidak
|
||
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
Jawaban :
|
||
Kelenjar
penceranaan yang berada pada rongga mulut yaitu kelenjar ludah di dekat
telinga, disebut galndula parotis, mengahasilkan ludah berbentuk air dan
mengndung enzim amylase. Di rahang bawah terdapat glandula submaksilaris dan
glandula sublingualis, keduanya menghasilkan getah yang mengandung air dan
lendir.
|
2.
Pada usus halus manusia terjadi
pencernaan apa saja? Enzim apakah yang berperan?
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
benar / tidak
|
||
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
Jawaban :
Pada usus halus
pencernaan manusia terjadi penyerapan sari makanan yang dibantu oleh beberapa
enzim. Dinding usus halus banyak mengandung kelenjar mukosa halus yang
menghasilkan 3 liter getah per hari. Getah ini mengandung enzim sakarase (mencerna sukrosa menjadi
glukosa dan fruktosa), maltase
(menceran maltose menjadi glukosa), laktase
(mencerna laktosa menjadi glukosa) dan erepsinogen
(diaktifkan oleh enterokinase menjadi erepsin)
|
||
3.
Bagaimana cara usus halus mengabsorpsi
asam lemak dan gliserol?
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
benar / tidak
|
||
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
Jawaban :
|
||
Hasil-hasil
pencernaan (asam lemak dan gliserol) diabsorpsi oleh vili (jonjot) usus
halus. Pada dindign usus halus terdapat vili dan mikrovili yang berfungsi
memperluas permukaan usus halus.
|
4.
Jelaskan struktur lambung hewan pememah
biak, dan uraikan bagaimana cara penceranan selulosa!
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
benar / tidak
|
||
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
Jawaban
:
Khusus hewan pemamah biak (ruminansia), lambungnya
terbagi menjadi empat ruang yaitu rumen,
retikulum, omasum dan abomasum.
Di rumen terdapat simbiosis antara hewan pemamah biak dengan bakteri dan
flagelata yang dapat menghasilkan enzim
selulase. Bakteri yang mampu menghancurkan selulosa contohnya adalah
Cytophaga, sedangkan flagelata yang biasa terdapat dalam tubuh hewan
ruminansia adalah Cypromonas subtilis. Di dalam rumen terjadi pencernaan
protein dan polisakarida, serta fermentasi selulosa dan enzim selulase.
|
||
5.
Mengapa pengukuran BMR seseorang tidak
dapat dilakukan beberapa menit sesudah makan?
NO
|
Deskription
|
skor
|
1
|
Jika lembar jawaban
kosong
|
0
|
2
|
Jika lembar jawaban salah
dengan bahasa yang baik
|
5
|
3
|
Jika jawaban kurang
lengkap dengan bahasa baik dan
|
10
|
benar / tidak
|
||
4
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa
kurang baik
|
15
|
5
|
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
|
20
|
Jawaban :
|
||
BMR harus diukur 12 jam sesudah makan, karena dalam beberapa menit
sesudah makan, BMR dapat naik sampai ±30% diatas nilai istirahat.
|
K.
SUMBER PEMBELAJARAN
-
BIOLOGI untuk SMA kelas XI, Erlangga,
hal. 110-141
-
Buku BSE
Samarinda,
…………………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
1 komentar:
makasih
Posting Komentar